Banyak peranan yang diperlukan dari guru sebagai pendidik,
atau siapa saja yang menerjunkan diri menjadi guru. Semua peranan yang diharapkan
dari guru seperti diuraikan di bawah ini :
1. Korektor
Sebagai korektor, guru harus bisa membedakan mana nilai yang
baik dan mana nilai yang buruk. Kedua nilai yang berbeda ini harus betul-betul
dipahami dalam kehidupan di masyarakat. Kedua niilai ini mungkin telah dimiliki
peserta didik dan mungkin pula telah mempengaruhinnya sebelum peserta didik
masuk sekolah. Latar belakang peserta didik yang berbeda-beda sesuai dengan
sosio-kultural masyarakat dimana peserta didik tinggal akan mewarnai
kehidupannya. Semua nilai yang baik harus guru pertahankan dan semua nilai yang
buruk harus disingkirkan dari jiwa dan watak peserta didik. Bila guru
membiarkannya, berarti guru telah mengabaikan peranannya sebagai seorang
korektor, yang menilai dan mengoreksi semua sikap, tingkah laku, dan perbuatan
peserta didik. Koreksi yang harus guru lakukan terhadap sikap dan sifat peserta
didik tidak hanya di sekolah, tetapi juga di luar sekolah. Sebab peserta didik
justru lebih banyak melakukan pelanggaran terhadap norma-norma susila, moral,
sosial, dan agama.
2. Inspirator
Sebagai Inspirator, guru harus dapat memberikan ilham yang
baik bagi kemajuan belajar peserta didik. Persoalan belajar adalah masalah
utama peserta didik. Guru harus dapat memberikan petunjuk (ilham) bagaimana belajar
yang baik. Petunjuk itu tidak tidak mesti harus bertolak dari sejumlah
teori-teori belajar. Dari pengalaman pun bisa dijadikan petunjuk bagaimana
belajar yang baik.
3. Informator
Sebagai Informator, guru harus dapat memberikan informasi
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,selain sejumlah bahan pelajaran
untuk setiap mata pelajaran yang telah diprogramkan dalam kurikulum. Informasi
yang baik dan efektif diperlukan dari guru. Kesalahan informasi adalah racun
bagi peserta didik. Untuk menjadi Informator yang baik dan efektif, penguasaan
bahasalah sebagai kuncinya. Ditopang dengan penguasaan bahan yang akan
diberikan kepada peserta didik. Informator yang baik adalah guru yang mengerti
apa kebutuhan peserta didik dan mengabdi untuk peserta didik.
4. Organisator
Sebagai Organisator, adalah sisi lain dari peranan yang
diperlukan dari guru. Dalam bidang ini guru memiliki kegiatan pengelolaan
kegiatan akademik, menyusun tata tertib sekolah, menyusun kalender akademik,
dan sebagainya. Semuanya diorganisasikan, sehingga dapat mencapai efektivitas
dan efisiensi dalam belajar pada peserta didik.
5. Motivator
Sebagai Motivator, guru hendaknya dapat mendorong peserta
didik agar bergairah dan aktif belajar. Dalam upaya memberikan motivasi, guru
dapat menganalisi motif-motif yang melatarbelakangi peserta didik malas belajar
dan menurun prestasinya di sekolah. Setiap saat guru harus bertindak sebagai
motivator, karena dalam interaksi edukatif tidak mustahil ada di Antara peserta
didik yang malas belajar dan sebagainya.
6. Inisiator
Sebagai inisiator, guru harus dapat menjadi pencetus ide-ide
kemajuan dalam pendidikan dan pengajaran.
7. Fasilitator
Sebagai fasilitator, guru hendaknya dapat menyediakan
fasilitas yang memungkinkan kemudahan kegiatan belajar peserta didik.
8. Pembimbing
Peranan guru yang tidak kalah pentingnya dari semua peran
yang telah disebutkan di atas, adalah sebagai pembimbing. Peranan ini harus
lebih dipentingkan, karena kehadiran guru disekolah adalah untuk membimbing
peserta didik untuk menjadi manusia dewasa susila yang cakap.
9. Demonstrator
Dalam interaksi edukatif, tidak semua bahan pelajaran dapat
dipahami. Apalagi peserta didik yang memiliki inteligensi yang sedang. Untuk
bahan pelajaran yang sukar dipahami peserta didik, guru harus berusaha dengan
membantunya. Dengan cara memperagakan apa yang diajarkan secara didaktis,
sehingga apa yang guru inginkan sejalan dengan pemahaman peserta didik, tidak
terjadi kesalahan pengertian antara guru dan peserta didik.
10. Pengelola Kelas
Sebagai pengelola kelas, guru hendaknya dapat mengelola
kelas dengan baik, karena kelas adalah tempat berhimpun semua peserta didik dan
guru dalam rangka menerima bahan pelajaran dari guru.
11. Mediator
Sebagai mediator, guru hendaknya memiliki pengetahuan dan
pemahaman yang cukup tentang media pendidikan dalam berbagai bentuk dan
jenisnya, baik media nomaterial dan materiil.
12. Supervisor
Sebagai Supervisor, guru hendaknya dapat membantu
memperbaiki, dan menilai secara kritis terhadap proses pengajaran.
Teknik-teknik supervisi harus guru kuasai dengan baik agar dapat melakukan
perbaikan terhadap situasi belajar mengajar menjadi lebih baik.
13. Evaluator
Sebagai evaluator, guru dituntut untuk menjadi
seorang evaluator yang baik dan jujur, dengan memberikan penilaian yang
menyentuh aspek ekstrinsik dan instrinsik
Prediksi Togel Mekong 10 Mei 2020 <a href="https://indextogel.org/prediksi-togel/prediksi-togel-mekong-10-mei-2020/ </a> Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!
ردحذفإرسال تعليق