Manajemenmenurut bahasa, “manajemen (management) adalah
ketatalaksanaan, tata pimpinan, pengelolaan, dalam bahasa Arab di sebut Idarah. Manajer (manager) pengelola, pemimpin usaha dalam bahasa Arab disebut “mudir”
Manajemen
yang diartikan dengan pengelolaan atau penataan, dibutuhkan pada setiap
kegiatan yang memerlukan keteraturan, keberhasilan dan keindahan seperti
lembaga pendidikan. Manajemen telah dipraktekan oleh Rasulullah SAW dalam
membina masyarakat madani di madinah. Alquran yang diturunkan oleh Allah kepada
manusia melalui Nabi Muhammad SAW, diyakini sebagai kitab suci dan sumber
informasi yang akurat dan lengkap bagi ummat islam. Al-quran dan Al-sunnah
memuat isyarat-isyarat yang dapat memotivasi setiap kegiatan seperti:
pendidikan, ekonomi, social politik, dan pemerintahan agar dap.at dikelola
secara efisien dan efektif.
Prinsip-prinsipdan system manajemen yang diisyaratkan dalam Al-quran dan Hadist, merupakan
suatu yang universal yang dapat digunakan pada setiap kegiatan dan semua
golongan masyarakat, baik di Barat maupun di Timur, dari perusahaan yang paling
kecil sampai pada perusahaan yang paling besar, dari embaga pendidikan yang
sangat sederhana sampai pada lembaga pendidikan yang paling modern.
T.
Hani Hndoko mengemukakan tiga alas an, mengapa manajemen di butuhkan yaitu:
untuk
mencapai tujuan, baik organisasi maupun pribadi.
untuk
menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan, baik
dari pihak pemilik, karyawan, masyarakat dan pemerintah
mencapai
efisiensi dan efektivitas, karena suatu kerja organisasi dapat di ukur dengan
banyak cara yang bebeda untuk mencapai efisiensi dan efektivitas.
Arti
manajemen di lihat dari berbagai deinisi yang di kemukakan oleh para pakar
mamajemen sebagai berikut:
Marry
Parker Follet , Manajemen adalah seni untukmelaksanakan suatu pekerjaan melalui
orang lain.
Robert
Kresther, Manajemen adalah proses kerja dengan melalui orang lain untuk
mencapai tujuan
George
Terry, manajemen ialah kemampuan menyuruh orang lain bekerja guna mencapai
tujuan.
James
A.F Stonner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian,
kepemimpinan dan pengendalian semua sumber daya organisasi untuk mencapai
tujuan yang di tetapkan.
Sondang
Siagian, manajemen adalah kemampuan atau keterampilan seseorng untuk memperoleh
sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan orang lain.
Richard
M. Hodgetts Ph.D dan steven Ultman Ph.D., manajemen adalah suatu proses untuk
menyelesaikan sesuatu melalui orang lain.
Ensiklopedia
Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, Manajemen adalah proses merencanakan dan
mengambil keputusan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan sumber daya
manusia, keuangan, fasilitas dan informasi, guna mencapai sasaran organisasi
dengan cara efisien dan efektif.
LPPM,
Manajemen adalah proses pemberian pemerintah, pengarahan dan pengendalian
berbagai lembaga dalam masyarakat untuk mencapai tujuan.
Donnelly,
Manajemen adalah proses koordinasi upaya kelompok terhadap tujuan kelompok.
J.L.Massie,
Manajemen adalah prose satu kelompok kooperatif menggerakan tindakan untuk
tujuan umum.
Dari
sekian banyak definisi tentang manajemen di dalamnya terkandung unsur-unsur
sebagai berikut, kemampuan mempengaruhi, adanya orang yang di bawahi, adanya
suatu proses pekerjaan, adanya tujuan yang ingin di capai, adanya kerja sama
dan terbatasnya sumber daya.
Posting Komentar