Manajemenmenurut bahasa, “manajemen (management) adalah ketatalaksanaan, tata pimpinan, pengelolaan, dalam bahasa Arab di sebut Idarah. Manajer (manager) pengelola, pemimpin usaha dalam bahasa Arab disebut “mudir”

Manajemen yang diartikan dengan pengelolaan atau penataan, dibutuhkan pada setiap kegiatan yang memerlukan keteraturan, keberhasilan dan keindahan seperti lembaga pendidikan. Manajemen telah dipraktekan oleh Rasulullah SAW dalam membina masyarakat madani di madinah. Alquran yang diturunkan oleh Allah kepada manusia melalui Nabi Muhammad SAW, diyakini sebagai kitab suci dan sumber informasi yang akurat dan lengkap bagi ummat islam. Al-quran dan Al-sunnah memuat isyarat-isyarat yang dapat memotivasi setiap kegiatan seperti: pendidikan, ekonomi, social politik, dan pemerintahan agar dap.at dikelola secara efisien dan efektif.

Prinsip-prinsipdan system manajemen yang diisyaratkan dalam Al-quran dan Hadist, merupakan suatu yang universal yang dapat digunakan pada setiap kegiatan dan semua golongan masyarakat, baik di Barat maupun di Timur, dari perusahaan yang paling kecil sampai pada perusahaan yang paling besar, dari embaga pendidikan yang sangat sederhana sampai pada lembaga pendidikan yang paling modern.

T. Hani Hndoko mengemukakan tiga alas an, mengapa manajemen di butuhkan yaitu:

untuk mencapai tujuan, baik organisasi maupun pribadi.
untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan, baik dari pihak pemilik, karyawan, masyarakat dan pemerintah
mencapai efisiensi dan efektivitas, karena suatu kerja organisasi dapat di ukur dengan banyak cara yang bebeda untuk mencapai efisiensi dan efektivitas.

Arti manajemen di lihat dari berbagai deinisi yang di kemukakan oleh para pakar mamajemen sebagai berikut:

Marry Parker Follet , Manajemen adalah seni untukmelaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain.

Robert Kresther, Manajemen adalah proses kerja dengan melalui orang lain untuk mencapai tujuan

George Terry, manajemen ialah kemampuan menyuruh orang lain bekerja guna mencapai tujuan.

James A.F Stonner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang di tetapkan.

Sondang Siagian, manajemen adalah kemampuan atau keterampilan seseorng untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan orang lain.

Richard M. Hodgetts Ph.D dan steven Ultman Ph.D., manajemen adalah suatu proses untuk menyelesaikan sesuatu melalui orang lain.

Ensiklopedia Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, Manajemen adalah proses merencanakan dan mengambil keputusan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan sumber daya manusia, keuangan, fasilitas dan informasi, guna mencapai sasaran organisasi dengan cara efisien dan efektif.

LPPM, Manajemen adalah proses pemberian pemerintah, pengarahan dan pengendalian berbagai lembaga dalam masyarakat untuk mencapai tujuan.

Donnelly, Manajemen adalah proses koordinasi upaya kelompok terhadap tujuan kelompok.

J.L.Massie, Manajemen adalah prose satu kelompok kooperatif menggerakan tindakan untuk tujuan umum.

Dari sekian banyak definisi tentang manajemen di dalamnya terkandung unsur-unsur sebagai berikut, kemampuan mempengaruhi, adanya orang yang di bawahi, adanya suatu proses pekerjaan, adanya tujuan yang ingin di capai, adanya kerja sama dan terbatasnya sumber daya.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama