Didalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha, ada beberapa hal yang dirasa lebih penting dibandingkan menghasilkan sebuah produk, apa itu?  Strategi   Pemasaran !
Pemasaran produk menjadi hal yang penting manakala produk telah dihasilkan, lantas akankah produk tersebut hanya menjadi barang koleksi saja tanpa adanya penjualan? dan bahkan jika tak punya produk sekalipun, banyak pebisnis yang sukses "hanya" dengan ilmu pemasaran yang dimilikinya, menjualkan produk orang lain. Strategi Pemasaran adalah kunci keberhasilan penjualan sebuah produk, tanpa mengesampingkan kualitas produk yang juga dibutuhkan untuk kepuasan konsumen yang menjadi nilai tersendiri dan membantu dalam strategi pemasaran.

          Kita harus memastikan bahwa  produk yang kita  hasilkan adalah produk yang memiliki kualitas terbaik atau paling tidak memenuhi standar kepuasan konsumen maka susunlah strategi pemasaran yang efektif serta efisien yang dalam prosesnya nanti bisa berjalan secara dinamis serta bisa kita  kontrol. Lima hal berikut merupakan strategi pemasaran yang umumnya diterapkan oleh berbagai perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk barang atau jasa yang dihasilkan para pembisnis
1.         Mengenali Pelanggan
Pertama, Kenali target pasar yang akan kita  bidik, lakukan identifikasi bisa melalui survey atau pengamatan dan yang lainnya, misal bisnis yang dijalani berkecimpung dalam bidang pakaian bayi, maka usahakan pasar yang dibidik adalah kalangan wanita berumur atau ibu ibu yang memiliki kepentingan dan merasa membutuhkan. Jika bisnisnya bergerak dibidang minuman berenergi? Sasaran kita  para pemuda pemuda khsusnya pria yang gemar berolahraga ataupun laki laki pekerja. Ketepatan identifikasi tepat sangat membantu mempermudah didalam menyusun strategi pemasaran yang efektif dan efisien serta menghindari pembengkakan biaya dan waktu yang bisa melelahkan, tentu sangat sulit bagi kita  jika kita  menjual garam di wilayah Madura, ataupun menawarkan sepatu bola pada arisan ibu ibu. Tentu hal tersebut sangat membuang waktu, tenaga, dan sis-sia disamping biaya yang dikeluarkan tidak sedikit
2.         Melakukan Promosi
Melakukan penawaran  produk yang dihasilkan kepada konsumen secara kreatif. Sedapat mungkin melakukan promosi yang konsisten dan terus menerus apalagi secara massif.
Dan jangan lupa, amati kerja para kompetitor bagaimana mereka melakukan promosi produknya kepada konsumen. apa yang mereka terapkan, kita bisa memodifikasi lalu menerapkannya juga dengan cara yang lebih dari para pesaing. Namun jangan pernah mengekor, itu hanya akan membuat kesuksesan produk kita juga akan "mengekor". Menjalankan ide secara orisinil lebih diutamakan dan hasilnya akan jauh lebih efektif dan efisien dari sekedar mengekor. Memasarkan produk bisa dilakukan dengan  mengusahakan promosi gaya dari mulut ke mulut. Sebuah cara yang banyak pihak menyatakan kuno, akan tetapi  jika berhasil membuat suatu program sehingga menyebabkan masyarakat membicarakannya terus menerus dari mulut kemulut mengenai produk yang dihasilkan, maka ini akan menjadi viral dan masif dipromosikan dengan biaya yang relatif kecil, efektif dan tentu juga efisien.
3.         Memilih Lokasi Strategis
Pernahkah kita melihat kantor cabang bank nasional disebuah gang kecil?
Pernah melihat sebuah luxury store menjajakan barangnya di pasar tradisional?
Ataupun pedagang yang menjual perlengkapan solat ditengah tengah lokalisasi? Kita  yakin hampir pasti hal tersebut tidak terjadi. mengapa? Seperti yang disebut diatas tadi, kita akan kesusahan apabila menjual garam di Madura. Kita bisa melihat warung warung banyak bertebaran di sekeliling kampus, para penjual kaos bola melingkari stadion ataupun kantor bank yang selalu terletak di jalan utama kota. Pemilihan lokasi adalah salah satu strategi dalam menjaring konsumen. Lokasi strategis yang mudah dijangkau oleh pelanggan yang kita  sasar tentu memudahkan dalam meningkatkan penjualan produk
4.         Menggunakan Internet Marketing
Salah satu strategi pemasaran yang sedang gencar dilakukan ialah internet marketing. Dengan menampilkan produk usaha pada situs jejaring sosial, maka  dapat mengetahui bagaimana selera konsumen dan apa yang mereka butuhkan. Semakin hari aktivitas jual beli melalui online shop semakin marak dilakukan.
Para konsumen cenderung ingin berbelanja dalam ruang yang lebih privat dan terhindar dari keramaian. Internet membuka pintu yang lebar bagi kita untuk berinovasi.
Kita dapat menampilkan produk usaha anda pada website, blog, facebook, dan situs lainnya, dengan memasang foto-foto yang sekiranya dapat menarik konsumen. Dengan menggunakan internet marketing, kita juga dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen tanpa dibatasi ruang dan waktu.
5.         Menjalin Hubungan Yang Baik Dengan Konsumen
Konsumen ialah raja. Slogan satu ini patut dipertahankan guna menjaga kelangsungan suatu usaha. Jalinlah hubungan yang baik dengan konsumen. Hubungi mereka untuk sekadar menanyakan testimoni mengenai produk usaha kita ataupun  menginfomasikan produk  baru yang kita  keluarkan, dan promo yang sedang berjalan. Konsumen membutuhkan produk dan anda membutuhkan konsumen untuk orientasi keuntungan. Maka itu, terapkanlah simbiosis mutualisme dalam hal berbisnis.
Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen merupakan kunci terakhir yang harus kita pegang untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

B.           Strategi Pemasaran BagiProduk Baru

Memasarkan produk baru memang tidak mudah, apalagi jika produk tersebut belum dikenal masyarakat. Dibutuhkan modal atau biaya pemasaran yang cukup besar, serta perjuangan dan strategi pemasaran khusus agar produk tersebut mengena dihati konsumen. Memasarkan produk baru memang tidak mudah, apalagi jika produk tersebut belum dikenal masyarakat. Dibutuhkan modal atau biaya pemasaran yang cukup besar, serta perjuangan dan strategi pemasaran khusus agar produk tersebut mengena dihati konsumen.
Selain bagaimana caranya menarik minat konsumen, para pemula juga harus menghadapi persaingan bisnis dari pengusaha lain yang telah memasarkan produk terlebih dulu. Hal ini menjadi tantangan yang cukup besar, bagi para pelaku usaha. Sebab untuk berhasil memasuki sebuah pasar, harus memiliki strategi untuk menarik minat konsumen. Sebaiknya ciptakan produk yang memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan produk lainnya. Sehingga konsumen bisa tertarik dan mengenali produk baru yang kita tawarkan. Disamping menciptakan produk yang lebih unggul, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengenalkan konsumen pada produk baru, antara lain sebagai berikut :
·            Lakukan Riset Pasar,
untuk mengetahui seberapa besar potensi pasar sebuah produk. Jika hasil penelitian menunjukan hasil yang cukup positif, maka Anda tidak perlu ragu lagi untuk memasarkan produk baru tersebut. Namun bila riset menunjukan kurangnya minat dari konsumen, sebaiknya lakukan evaluasi dan berikan nilai lebih pada produk Anda. Sehingga produk tersebut mudah diterima oleh pasar.
·            Jeli Terhadap Kebutuhan Konsumen.
Mencoba pasar baru dengan menawarkan produk yang dibutuhkan konsumen, merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat ampuh untuk menarik minat konsumen. Karena dengan adanya kebutuhan tersebut, daya beli konsumen akan semakin meningkat. Termasuk daya beli terhadap produk baru yang memberikan solusi untuk masalah mereka.
·            Buat Kegiatan  Promosi yang Efektif.
Kegiatan promosi menjadi hal yang sangat penting untuk mengenalkan produk baru, setidaknya perhatikan faktor pendukung STP (segmentation, targeting, positioning)  dan marketing mix (produk, price, place dan promotion). Ini dimaksudkan agar kegiatan promosi yang dilakukan sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan. Strategi promosi yang dapat dilakukan antara lain menjaga kualitas produk, menawarkan harga yang bersaing, memilih lokasi usaha yang strategis, memberikan bonus atau potongan harga pada saat launching produk.
·            Berikan Pelayanan yang Terbaik bagi para Konsumen.
 Karena pelayanan yang baik, menjadi salah satu faktor pendukung untuk menciptakan produk yang berkualitas. Semakin baik pelayanan yang Anda berikan, maka semakin luas pula pasar Anda. Begitu juga sebaliknya jika pelayanan yang Anda berikan buruk, konsumen pun akan begitu cepat meninggalkan produk Anda.

Strategi pemasaran bagi produk baru juga berpengaruh besar terhadap penjualan produk. Sebab kesan pertama yang diperoleh konsumen dari sebuah produk baru, akan menentukan penilaian mereka terhadap image produk tersebut. Membangun keikutsertaan pelanggan dapat menjadi hal penting dalam strategi pemasaran. Jika pelanggan merasa terlibat dalam merek kita, maka mereka cenderung akan percaya dan loyal. Ada banyak hal untuk membangun strategi pemasaran yang tepat dan lebih unggul dari yang dilakukan pesaing. Setiap hari ada ide-ide baru dari para pemasar dalam mempromosikan produk mereka. Jika strategi promosi dan pemasaran ini benar, maka pesan yang ada didalamnya akan dapat sampai ke pelanggan dengan baik, yakni untuk menarik pelanggan agar mau membeli dan setia pada produk mereka.
Sukses dalam menjalankan bisnin tidak lepas dari strategi pemasaran ataupun strategi promosi dari perusahaan. Jika saat kegiatan pemasaran  dan promosi saat ini masih belum membuahkan hasil yang signifikan, kita akan berada pada posisi sulit pada saat berkompetisi dengan competitor.
C.          Tips Strategi Promosi Yang Efektif
Dalam memasarkan produk dari suatu brand, kita akan memerlukan strategi promosi yang tepat pada sasaran. Dengan strategi promosi bisnis yang tepat, kita akan meraih kesuksesan pada bisnis. Bukan hanya itu, kita juga akan mendapatkan kesempatan untuk mencapai target penjualan dan juga mendulang kesuksesan ketika strategi promosi dijalankan. Untuk mencapai itu semua, ada 10 tips dari strategi promosi bisnis dari Sribu.com berikut ini.
1.     Gunakan Media Sosial
Di era yang serba mobile ini, media sosial sudah menjadi suatu hal yang wajib dimiliki brand kita. Melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter. Anda dapat melakukan strategi promosi dengan memperkenalkan brand dan juga produk yang ingin kita pasarkan kepada pengguna media sosial. Dengan menggunakan media sosial, maka pendekatan yang akan kita lakukan menjadi lebih personal dan juga menjadi lebih dekat dengan target market.
 2.     Adakan Lomba
Siapa  yang tidak suka menjadi pemenang? Tentu saja semua orang suka untuk memenangkan sesuatu. Oleh karena itu, menjadi salah satu penyelenggara kontes atau menjadi sponsor dalam salah satu kontes yang sedang direncanakan adalah ide strategi promosi yang baik. Dengan menampilkan logo kita pada kontes atau perlombaan tersebut, maka brand yang akan kita promosikan akan dikenal oleh peserta lomba.
 3.     Bagi-bagi Produk
Jika brand kita sedang ingin memperkenalkan produk atau varian baru dari produk yang pernah dikeluarkannya, maka salah satu strategi promosi yang cocok untuk dilakukan adalah dengan memberikan produk langsung kepada target market. Pembagian produk ini bisa diberikan secara cuma-cuma dalam bentuk sample atau tester.
 4.     Mendata Pelanggan/Target Market
Mengumpulkan data pelanggan merupakan kegiatan yang  rekomendasikan. Pada saat proses perkenalan produk ataupun penjualan berlangsung, pastikan kita mendapatkan data pelanggan sesuai dengan kebutuhan kita sehingga akan berguna untuk strategi promosi maupun rencana perusahaan berikutnya.
 5.    Berikan Insentif untuk Setiap Rekomendasi
Berikan insentif bagi pelanggan setia kita yang memberikan rekomendasi kepada calon pelanggan lainnya untuk menggunakan produk dari brand yang kita pasarkan. Insentif dapat diberikan dalam wujud yang berbeda, seperti kupon diskon, sejumlah uang, atau produk kita sendiri. Dengan cara tersebut, pelanggan setia kita akan terus menggunakan dan semakin semangat untuk merekomendasikan produk kita. Hal itu tentunya merupakan salah satu strategi promosi yang jitu!
 6.     Tempatkan Produk di Tempat yang Tepat
Penempatan produk yang baik adalah penempatan produk pada toko yang dapat menambahkan angka penjualan. Kita  bisa saja memindahkan produk Anda untuk diletakkan diantara 2 jenis produk lain yang merupakan komplementer dari jenis produk yang kita jual. Kita  juga bisa menempatkan produk yang kita pasarkan pada ujung gang toko sehingga mudah untuk ditemukan. Dengan memanfaatkan segi letak produk dalam toko, tentunya ini menjadi strategi promosi yang jitu, bukan?
 7.     Lakukan Kegiatan Amal/CSR (Corporate Social Responsibility)
Salah satu strategi promosi lainnya adalah dengan menunjukkan rasa peduli brand terhadap isu di sekitar masyarakat/target market yang biasa ditunjukkan melalui kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) sambil mempromosikan brand atau  produk tertentu yang ingin dipromosikan. Dengan kegiatan ini, brand kita akan mendapatkan label baik dan disukai oleh masyarakat.
 8.     Gunakan Barang Promosi
Dalam menjalankan strategi promosi, kita boleh menggunakan barang promosi (seperti kaos, kalender dan merchandise lainnya) yang telah diberikan label berupa logo brand  kita sehingga ketika barang promosi tersebut digunakan oleh seseorang, maka barang tersebut telah mengingatkan orang disekitarnya untuk menggunakan produk dari brand tersebut.
 9.     Susun Acara untuk Mengapresiasi Pelanggan
Selenggarakan acara bagi para pelanggan setia produk yang akan kita promosikan. Susunlah acara yang menarik, banyak hadiah dan tanpa ada stand untuk berjualan serta tanpa harus memaksa para peserta membeli apa pun pada acara tersebut. Dengan strategi promosi melalui acara-acara tersebut, loyalitas dari peserta acara tersebut akan bertambah dan begitu juga rasa senang pelanggan dengan brand kita.
 10.    Lakukan Survey Pembeli setelah Penjualan
Untuk meningkatkan kualitas produk yang dipasarkan dan juga pelayanannya, maka ada baiknya bagi kita untuk melakukan survey pada setiap pelanggan setelah penjualan. Anda bisa melakukannya di tempat, melalui telepon maupun melalui email. Tetunya strategi promosi berbentuk survey ini mempermudah pelanggan untuk menyampaikan baik pujian maupun keluhan tentang produk yang digunakan/dikonsumsi.
Kita dapat melakukan berbagai kombinasi strategi promosi yang menarik dengan tips tersebut seperti menyelenggarakan kontes melalui media sosial dan memberikan barang promosi setelah pelanggan menjawab pertanyaan pada survey yang diselenggarakan. Namun, sebelum strategi promosi yang ingin kita jalankan dimulai, pastikan hal-hal seperti logo perusahaan, desain label dan juga brosur/poster yang akan digunakan telah terdesain dengan baik. Kita akan mendapatkan puluhan hingga ratusan pilihan desain berkualitas dengan berbagai kategori desain (desain logo, merchandise, brosur dan lain-lain) dalam waktu singkat dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Jasa desain tentunya akan cocok bagi kita yang ingin  melakukan strategi promosi agar angka penjualan segera melonjak dengan cepat.




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama