PROGRAM
KERJA BIDANG KESISWAAN
SMP NURUL
HIKMAH
TAHUN 2018
- 2019
SMp nurul hikmah cibinong
KABUPATEN BOGOR
Alamat :
Jln. Raya Jakarta –Bogor.KM 41,Gg.Dukuh,Rt.05/13 Pabuaran Cibinong
e-mail : smp.nurulhikmah.com.yahoo Kec. Cibinong – Kab. Bogor
Propinsi Jawa Barat
2019
LEMBAR PENGESAHAN
Kepala SMP NURUL HIKMAH Kabupaten Bogor
Dengan ini
mengesahkan
Program
Kerja Bidang Kesiswaan
Cibinong, 15 Juli 2018
Kepala Sekolah
Andi Rahmat,SE
KATA PENGANTAR
Pendidikan adalah bidang yang harus
diutamakan, sebab menyangkut kehidupan dan masa depan bangsa. Pembinaan adalah
segala kegiatan yang meliputi Perencanaan, Pengaturan, Pelaksanaan, Pengawasan,
Penilaian dan Pemberian berbagai bentuk bantuan yang dilakukan dan diberikan
oleh sekolah kepada siswa.
Pembinaan kegiatan
kesiswaan adalah pembinaan kokurikuler dan ekstrakurikuler yang dilaksanakan
diluar jam pelajaran dan waktu libur sekolah, dan merupakan kegiatan yang pada
umumnya menunjang kegiatan intrakurikuler.
Pembinaan Kesiswaan
diarahkan agar para siswa dapat tumbuh dan berkembang sebagai manusia seutuhnya
sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila. Disamping itu
Pembinaan Kesiswaan bertujuan meningkatkan peran serta dan inisiatif para siswa
untuk menjaga dan membina sekolah sebagai Wiyata Mandala, sehingga terhindar
dari usaha dan pengaruh yang bertentangan dengan Kebudayaan nasional,
menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang
dari luar lingkungan Sekola.
Peningkatan Pembinaan
Kesiswaan secara terarah akan meningkatkan citra siswa serta rasa persatuan dan
kesatuan, patuh terhadap peraturan dan menumbuhkan kesadran diri yang
selanjutnya memperkuat disiplin sosial dan Nasional.
Dengan tulisan ini diharapkan
dapat mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan sebaik-baiknya.
Cibinong,
15 Juli 2018
Mengetahui PKS
Kesiswaan,
Kepala Sekolah
Andi Rahmat,SE Hari
Supriatna,S.Pd.I
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Surat Keputusan
Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan No. 201/C/Kep/0/86 tentang
Pedoman Pembinaan Kesiswaan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sekolah
merupakan Wiyatamandala (lingkungan Pendidikan) sehingga tidak boleh digunakan
untuk tujuan-tujuan di luar
landasan dan tujuan Pendidikan Nasional.
Sekolah sebagai
unit pelaksana teknis (UPT) harus mampu mempersiapkan siswa yang bertaqwa,
berbudi luhur, cerdas, bertanggung jawab, disiplin dan jujur sebagai modal
untuk mencapai tujuan Nasional.
- Pengertian
·
Pembinaan
adalah segala kegiatan yang meliputi perencanaan, Pengaturan, Pelaksanaan,
Pengawasan, Penilaian dan pemberian berbagai bentuk bantuannya yang dilakukan
dan diberikan oleh sekolah.
·
Siswa
adalah peserta didik yang mengikuti pendidikan disekolah.
·
OSIS
adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah
- Maksud dan Tujuan
Maksud Pembinaan kesiswaan adalah
mengusahakan agar para siswa dapat tumbuh dan berkembang sebagai manusia
seutuhnya sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
Tujuan
pembinaan kesiswaan adalah meningkatkan peran serta dan inisitif para siswa
untuk menjaga dan membina sekolah sebagai Wiyatamandala sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh
yang bertentangan dengan kebudayaan nasional
Sasaran
pembinaan kesiswaan adalah seluruh siswa pada setiap jenis, tingkat dan jenjang
sekolah.
BAB II
GAMBARAN UMUM
KONDISI SEKOLAH
A. SEJARAH
SINGKAT SMP NURUL HIKMAH
SMP NURUL HIKMAH merupakan SMP satu atap yang di wilayah kecamatan Cibinong.
SMP Nurul hikmah mulai didirikan pada tahun 2002 dengan alasan melihat kondisi
siswa lulusan SD banyak yang tidak melanjutkan
pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. SMP ini didirikan dengan tujuan sehingga
untuk menangani lulusan SD agar semua melanjutkan ketingkat SMP dan dalam
rangka melaksanakan program pendidikan 9 tahuh yang dicanangkan oleh pemerintah.
SMP NURUL HIKMAH terletak pada kondisi georafis pedesaan.
Sehingga sebagian besar orang tua siswa bermata pencaharian sebagai buruh
petani dengan pendapatan dibawah rata-rata. Jadi sebagian besar orang tua siswa
tergolong ekonomi lemah.
B. DATA
KESISWAAN DATA SISWA 4 (EMPAT) TAHUN TERAKHIR
Th. Pelajaran
|
Kelas VII
|
Kelas VIII
|
Kelas IX
|
VII+VIII+IX
|
||||
Jml
|
JML
Rombel
|
Jml
|
JML
Rombel
|
Jml
|
JML
Rombel
|
Jml Siswa
|
JML
Rombel
|
|
2018/2019
|
7
|
1
|
25
|
1
|
21
|
1
|
53
|
3
|
C. PENDIDIK
DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
- Kepala Sekolah
No
|
Jabatan
|
Nama
|
Jenis
Kelamin
|
Usia
|
Pend.Akhir
|
Masa
Kerja
|
|
L
|
P
|
||||||
1
|
Kepala
Sekolah
|
Andi
Rahmat,SE
|
P
|
|
38
|
S1
|
2
|
- Guru
Kualifikasi
Pendidikan, Status, Jenis Kelamin Jumlah
No
|
Tingkat
Pendidikan
|
Jumlah
dan Status Guru
|
Jumlah
|
|||
GT/PNS
|
GTT/Guru
Bantu
|
|||||
L
|
P
|
L
|
P
|
|||
|
S3/S2
|
1-
|
-
|
-
|
1
|
|
|
S1
|
6
|
5
|
11
|
||
|
D4
|
-
|
-
|
--
|
-
|
-
|
|
D3/Sarmud
|
1
|
-
|
1
|
||
|
D2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
D1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
SMA/
Sederajat
|
1
|
1
|
2
|
C.Data Sarana Ruang dan Lapangan
a)
Data
Ruang Belajar (Kelas):
Kondisi
|
Jumlah dan Ukuran
|
Jumlah ruang lainnya yg digunakan
untuk ruang kelas
|
Jumlah ruang yang digunakan untuk
ruang kelas
|
|||
Ukuran
7x9 m2
|
Ukuran
> 63m2
|
Ukuran <63m2
|
Jumlah
|
|||
a
|
b
|
c
|
D=a+b+c
|
e
|
F= d+e
|
|
Baik
|
4
|
-
|
-
|
4
|
1
|
|
Rsk
ringan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
Rsk
Sedang
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
Rsk
Berat
|
-
|
-
|
-
|
-
|
||
Rsk
Total
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Keterangan Kondisi :
Baik
|
Kerusakan
<15%
|
Rusak
Ringan
|
15%
- 30 %
|
Rusak
Sedang
|
30%
- 45%
|
Rusak
Berat
|
45%
- 65%
|
Rusak
Total
|
>65%
|
b)
Data
Ruang Belajar Lainnya
Jenis Ruangan
|
Jumlah
|
Ukuran (p x l)
|
Kondisi
|
Keterampilan
|
1
|
6 x 6
|
Baik
|
Perpustakaan
|
1
|
3 x 6-
|
Baik
|
Lab IPA
|
-
|
-
|
-
|
Lab Komnputer
|
1
|
5x6
|
Baik
|
c)
Data
Ruang Kantor
Jenis Ruangan
|
Jumlah
|
Ukuran (p x l)
|
Kondisi
|
Kepala Sekolah
|
1
|
3x4
|
BAIK
|
Wakil Kepala Sekolah
|
-
|
-
|
-
|
Guru
|
1
|
6X6
|
BAIK-
|
TU
|
1
|
3X4
|
BAIK-
|
Tamu
|
1
|
4X4
|
BAIK
|
D. Sarana/Prasarana
Sekolah Meliputi:
Gedung
Permanan status hak milik, luas tanah ±1000 m2
Adapun
fasilitas dan prasana pendukung yang ada pada SMP NURUL HIKMAH adalah sebagai
berikut:
a. Ruang Kelas = 3 ruang
b. Ruang Kepala Sekolah = 1 (bergabung dengan ruang
Guru)
c. Ruang Guru = 1
ruang
d. Ruang TU = 1
ruang
e. Ruang BK = 1
ruang
f. Ruang Koperasi Siswa = -
ruang
g. Ruang OSIS = -
ruang
E. Visi
Sekolah
Visi
Sekolah adalah imajinasi moral yang dijadikan dasar atau rujukan dalam
menentukan tujuan atau keadaan masa depan sekolah yang secara khusus diharapkan
oleh Sekolah. Visi Sekolah merupakan turunan dari Visi Pendidikan Nasional,
yang dijadikan dasar atau rujukan untuk merumuskan Misi, Tujuan sasaran untuk
pengembangan sekolah dimasa depan yang diimpikan dan terus terjaga kelangsungan
hidup dan perkembangannya.
Adapun
visi SMP NURUL
HIKMAH : Melahirkan
Pemimpin Ummat Yang Berkarakter Yang Mulia Kompeten Dalam IPTEK Dan IMTAK Yang
Rahmatan Lil’alamin
Indikator :
1. Mendorong aktifitas dan
kreatifitas secara optimal kepada seluruh komponen sekolah terutama para siswa
2. Mengoptimalkan pembelajaran
dalam rangka meningkatkan keterampilan siswa supaya mereka memiliki prestasi
yang dapat dibanggakan.
3. Melaksanakan pembelajaran dan
bimbingan secara efektif sehingga kecerdasan siswa terus diasah agar
terciptanya kecerdasan intelektual dan emosional yang mantap.
4. Antusias terhadap perkembangan
dan kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi.
5. Menanamkan cinta kebersihan
dan keindahan kepada semua komponen sekolah.
6. Menimbulkan penghayatan yang
dalam dan pengalaman yang tinggi terhadap ajaran agama (Religi) sehinggan
tercipta kematangan dalam befikir dan bertindak.
F. Misi
Sekolah
Adapun
MISI SMP NURUL
HIKMAH kami bertekad menyelenggarakan pendidikan secara professional, inovatif
dan selalu berupaya meningkatkan pelayanan dan kepuasan bagi peserta didik dan
masyarakat”.
Untuk
mewujudkan misi yang telah dirumuskan maka langkah-langkah nyata yang harus
dilakukan oleh sekolah adalah :
1. Mendorong aktifitas dan
kreatifitas secara optimal kepada seluruh komponen sekolah terutama para siswa
2. Mengoptimalkan pembelajaran
dalam rangka meningkatkan keterampilan siswa supaya mereka memiliki prestasi
yang dapat dibanggakan.
3. Melaksanakan pembelajaran dan
bimbingan secara efektif sehingga kecerdasan siswa terus diasah agar
terciptanya kecerdasan intelektual dan emosional yang mantap.
4. Antusias terhadap perkembangan
dan kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi.
5. Menanamkan cinta kebersihan
dan keindahan kepada semua komponen sekolah.
6. Menimbulkan penghayatan yang
dalam dan pengalaman yang tinggi terhadap ajaran agama (Religi) sehinggan
tercipta kematangan dalam befikir dan bertindak.
G. Tujuan
Jangka Panjang Sekolah
Berdasarkan Visi dan Misi yang telah dirumuskan dalam
kurun waktu 5 tahun kedepan, tujuan yang diharapkan tercapai oleh sekolah pada
tahun 2018/2019 adalah :
1)
Perolehan
Nilai Ujian Nasional rata-rata naik memenuhi standar kelulusan
2)
Memiliki
kegiatan ekstra kurikuler yang maju dan berprestasi disegala bidang
3)
Terwujudnya
disiplin yang tinggi dari seluruh warga sekolah.
4)
Terwujudanya
suasana pergaulan sehari-hari yang berlandaskan keimanan dan ketaqwaan.
5)
Terwujudnya
manajemen sekolah yang transparan dan partisipatif, melibatkan seluruh warga
sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait.
6)
Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, indah, resik
dan asri
BAB III
MATERI, KEGIATAN DAN PROGRAM KERJA PEMBINAAN KESISWAAN
Materi, Tujuan, jenis dan bentuk kegiatan Waksek atau
Pembantu Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan
adalah sebagai berikut :
A. Materi dan Jalur Pembinaan Kesiswaan
1.
Materi
Pembinaan kesiswaan adalah pembinaan tentang :
a. Ketaqwaan
terhadap Tuhan Yang Maha Esa
b. Kehidupan
berbangsa dan beragama berdasarkan Pancasila
c. Pendidikan
Pendahuluan Bela Negara
d. Keperibadian
dan Budi Pekerti Luhur
e.
Berorganisasi, Pendidikan Politik dan Kepemimpinan
f. Keterampilan
dan Kewiraswastaan
g. Kesegaran
Jasmani dan Daya Kreasi
h. Persepsi,
Apresiasi dan Kreasi Seni
- Jalur Pembinaan Kesiswaan adalah :
a. Organisasi Kesiswaan (OSIS)
b. Latihan Kepemimpinan Siswa dan Pembina Siswa
c. Kegiatan Ekstrakurikuler
Esktrakulikuler
Wajib di SMP 3 Saketi terdiri dari
1.
Pramuka
2.
Palang Merah Remaja
3.
Kerohanian
Sedangkan
Ekstrakulikuler Pilihan, terdiri dari
1.
Volly Ball
2.
Sepak Bola
3.
Pencasilat
4.
Atletik
5.
Kesenian
d. Kegiatan Pemantauan Wawasan Wiyatamandala
e. Kegikutsertaan
dalam Lomba antar Siswa Tingkat Kecamatan, Rayon, dan Kabupaten
B. Tujuan
Tujuan kegiatan
Wakasek atau Pembantu Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan di SMPN 3
Saketi, adalah sebagai berikut
·
Membantu tugas kepala sekolah
·
Membina
masyarakat sekolah yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
·
Meningkatkan
dan menerapkannya disiplin
siswa
·
Menumbuhkan
rasa solidaritas antar sesama manusia
·
Mengarahkan
juga memajukan kreatifitas siswa
·
Peningkatan prestasi akdemik dan non akademik
C. Jenis dan Bentuk Kegiatan Pembinaan Kesiswaan
1. Jenis dan Bentuk
Kegiatan Pembinaan Kesiswaan Secara Umum
a)
Seleksi Penerimaa Siswa Baru
b)
Orientasi Siswa Baru
c)
Pesantren Kilat
d)
Pemilihan dan Pelantikan Pengurus OSIS
e)
Pelatikan Dewan Penggalang
f)
Kegiatan Ekstrakulikuer
g)
Klas Meeting
h)
Seleksi Siswa Berprestasi
i)
Penerapan Tata Tertib Sekolah
j)
Keikutsertaan dalam Lomba Kesiswaan
k)
Kegiatan PHBN dan PHBI
2. Jenis dan Bentuk Pembinan Kesiswaan (Khusus Pembina OSIS)
- Peningkatan Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
1. Melaksanakan
peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing
2. Memperingati
hari-hari besar agama
3. Melaksanakan
perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama
4. Membina
toleransi kehidupan antar umat beragama
5. Mengadakan
kegiatan lomba yang bersifat kegamaan
6.
Menyelenggarakan kgiatan seni yang bernafaskan kegamaan
- Peningkatan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
1. Melaksanakan upacara bendera pada
setiap hari senin dan hari sabtu serta hari-hari besar nasional
2. Melaksanakan bakti sosial / masyarakat
3. Mengadakan lomba karya tulis
4. Melaksanakan pertukaran siswa antar propinsi
- Pendidikan Pendahuluan Bela Negara
1. Melaksanakan
tata tertib sekolah
2. Melaksanakan
baris-berbaris
3. Mempelajari
dan menghayati sejarah perjuangan bangsa
4. Melaksanakan
wisata siswa, pencinta alam dan kelestarian alam/lingkungan
5. Mempelajari
dan menghayati semangat juang pada pahlawan bangsa
- Pembentukan Kepribadian dan Budi Pekerti
1. Melaksanakan
tata laksana pergaulan
2. Mengaktifkan kegiatan amal
3. Meningkatkan
sikap hormat siswa terhadap orang tua dan guru.
- Pendidikan Berorganisasi, Politik dan Kepemimpinan
1. Mementapkan
OSIS dan mengembangkan program OSIS
2. Membentuk
kelompok belajar (SK)
3. Melaksanakan
latihan kepemimpinan siswa
4. Mengadakan
media komunikasi OSIS (bulletin, majalah dinding)
5. Mengadakan
pementasan, pameran , bazaar
- Peningkatan keterampilan dan Kewiraswastaan
1. Meningkatkan
keterampilan dalam menciptakan sesuatu yang lebih berguna
2. Meningkatkan
keterampilan dibidang tehnik, elektronik, pertanian , peternakan
3. Meningkatkan
usaha koperasi
4. Meningkatkan
penyelenggaraan perpustakaan sekolah
5. Melaksanakan
praktek kerja nyata
- Peningkatan Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi
1. Meningkatkan
kesadran hidup sehat dilingkungan sekolah rumah dan masyarakat
2. Melaksanakan
UKS
3. Melaksanakan
pemeliharaan keindahan, penghijauan dan kebersihan sekolah
4.
Menyelenggarakan kantin sehat
5. Meningkatkan
kesehatan mental
D. Program Kerja
1. Program Kesiswaan Umum
·
Penyusunan dan/atau mengevaluasi Tata Tertib Siswa
·
Mengadakan Penerimaa Siswa Baru
·
Mengadakan Orientasi Siswa Baru
·
Mengadakan Pesantren Kilat
·
Mengadakan Pemilihan dan Pelantikan Pengurus OSIS
·
Mengadakan Pelatikan Dewan Penggalang
·
Melaksanakan Kegiatan Ekstrakulikuer Secara Rutin
·
Mengadakan Klas Meeting
·
Mengadakan Seleksi Siswa Berprestasi
·
Penerapan Tata Tertib Sekolah
·
Keikutsertaan dalam Lomba Kesiswaan
·
Mengadakan Kegiatan PHBN dan PHBI
2. Program Khusus Pembina OSIS
1.
Sekretaris Bidang I : - Lomba Antar SD dalam rangka PHBI
o
Lomba
dakwah antar kelas
o
Cerdas
tangkas agama antar kelas
o
Ceramah
umum
o
Kegiatan
ramadhan (Sanlat)
o
Pengajian
rutin / Tadarusan
o
Shalat
Jum’at
o
Lomba
kaligrafi antar kelas
o
Partisipasi
2.
Sekretaris Bidang II : - Melaksanakan
upacara hari senin
o
Melaksanakan
upacara hari besar
o
Lomba 5 K antar kelas
o
Perbaikan
lapangan upacara
o
Partisipasi
3.
Sekretaris Bidang III : - Latihan rutin
PASKIBRA
o
Seleksi
PASKIBRAKA Propinsi
o
Seleksi
PASKIBRAKA Kabupaten
o
Diklatsar
PASKIBRAKA
4.
Sekretaris Bidang IV : - Pelaksanaan
Tatakrama
o
Bakti
Sosial
o
Kunjungan
ke Panti Asuhan
o
Pelaksanaan
donor darah
o
Melayat
yang meninggal
o
Partisipasi
5.
Sekretaris Bidang V : - Pemantapan tubuh OSIS
o
Majalah
dinding
o
Pengaktifan
kembali organisasi dibawah OSIS
o
Partisipasi
6.
Sekretaris Bidang VI : - Pembuatan Stiker sekolah
o
Pembuatan nama kelas
o
Pembuatan spanduk
o
Majalah Sekolah
o
Partisipasi
7.
Sekretaris Bidang VII : - Esktra Kurikuler (ESKUL)
o
Pembinaan
olahraga
o
Perbaikan
fasilitas olahraga
o
PORSENI
o
Undangan
dan kunjungan persahabatan
o
Lomba
sepeda santai
o
Partisipasi dalam kegiatan
lomba
8.
Sekretaris Bidang VIII:: - Pembinaan kesenian
o
PORSENI
o
Pembentukan
panitia penglepasan kelas 3
o
Partisipasi
BAB IV
PENUTUP
Demikian program kerja
bidang kesiswaan ini di buat dengan harapan dapat dijadikan bahan masukan dan
menjadi pedoman dalam penyusunan dan pelaksanaan program kegiatan sekolah,
khususnya yang berkaitan dengan kegiatan sekolah bidang pembinaan kesiswaan.
Kami menyadari
bahwa masih cukup banyak kekurangan dan kelemahan dalam penyusunan program ini.
Oleh karena itu, kami mengharapkan saran kontruksif untuk perbaikan program
kerja ini di masa yang akan datang.
Namun demikian,
program kerja ini hanya salah satu bagi dalam pensuksesan kegiatan sekolah. Hal
yang lebih penting tentunya adalah partisipasi semua pihak dalam berbagai
kegiatan sekolah secara aktif dan bertanggung jawab.
Cibinong,15
Juli 2018
Kesiswaan,
Hari
Supriatna,S.Pd.I
LAMPIRAN - LAMPIRA
Posting Komentar