Beberapa Bukti Allah SWT Maha Pencipta

Kebesaran Allah SWT Dalam Keluarga

    Allah SWT Menciptakan dunia ini dengansifat harmoni alam yang selalu terjaga. Lihatlah kehidupan anak-anak kecil di keramaian, anak-anak itu mempunyai keluarga tempat mereka pulang dan berkumpul bersama. Ayah dan ibu mereka menunggu dengan rasa cinta dan kasih sayang. mereka siap membesarkan anak-anak hingga besar dan dewasa. Rasa cinta dan sayang ayah ibu kepada anak adalah pemberian Allah SWT. Bayangkan seandainya orang tua tidak diberikan rasa cinta dan kasih sayang. pasti anak itu akan . terlantar. entah kemana. semua itu bukti bahwa Allah SWT. tidak membiarkan alam ini setelah diciptakan Namun juga selalu dijaga-Nya

Dalam surat At-Tahrim ayat 6, artinya

" Jagalah dirimu dan keluargamu dariapi neraka"

    Dari ayat tersebut dapat dimaknai bahwa Allah SWT menugasi orang tua untuk menyayangi dan mendidikkeluarga.

Dalam ayat lain Allah SWT berpesan :

"Dan hendaklah takut kepada Allah SWT orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka". (Q.S. An-Nisa /4:9)

Melihat kebesaran Allah dari Ciptaan-Nya

    Ajarilah anak merenungkan seekor sapi, indahnya matahari, dan luasnya lautan. Sapi diciptakan untuk menjadi salah satu hidangan lezat bagi manusia. makanannya berupa rumput-rumput halus menjadikan daging sapi lebih sehat. susunyaberlimpah agar dikonsumsi untukkesehatan anak, kaum muda, dan orang tua. Dagingnya juga bisa di masak dalam aneka macam masakan yang lezat kepada manusia.

    Renungkan pula Matahari yang seperti bola api, mengapa diciptakan demikian? ada berjuta manfaat matahari. amati juga cara kerja matahari ketika mengitari tata surya. Andai kota dunia ini tanpa matahari, pasti manusia kedinginan selamanya, gelap gulita dan alam akan membeku. dengan adanya matahari, badan menjadi sehat. Hal yang paling penting adalah jarak matahari dengan bumi tidak terlalau dekat juga tidak terlalu jauh sehingga manusia tidak terbakar oleh matahari atau juga membeku.

    Lautan yang sangat luas juga demikian, Allah SWT menciptakan lautan yang sangat luas, semata-mata untuk kepentingan manusia. Di dalamnya, terdapat sumber makanan yang sangat besar nilai gizinya, semua itu menunjukkan bahwa Allah SWT maha pencipta dan sungguh luar biasa dalam merencakan kehidupan ini.



Sumber

judul buku    : Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 

Penulis          : Achmad Hasim dan M. kholid Fatahoni

Penyedia       : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama