Struktur dan Fungsi Sel

    Sel merupakan bagian terkecil dari makhluk hidup yang mampu berdiri sendiri dan menunjukkan ciri-ciri khas kehidupan. Sebagai bagian terkecil dari makhluk hidup, Sel tidak dapat di bagi-bagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil sehingga dapat menjalankan fungsinya. Itulah sesbabnya sel dikatakan sebagai unit terkecil dalam kehiudpan.

    Sel juga dikenal sebagai unit struktural dan unit fungsional. Dikatakan sebagai unit struktural karena sel merupakan komponen penyusun jaringan tubuh semua makhluk hidup , baik uniselular maupun multiselular. Dikatakan sebagai unit fungsional karena didalam setiap sel berlangsung berbagai reaksi  kimia dan proses hidup. Dengan adanya seuatu sistem koordinasi, beberapa fungsi sel tertentu akan bersatu melakukan berbagai proses didalam tubuh makhluk hidup.

    Pemahaman tentang sel sebagai unit Fungsional, mungkin akan lebih mudah dimengerti dengan mempelajari penyakit pada tubuh, misalnya diabetes atau kanker prostat. Pada dasarnya, penyakit demikian muncul karena adanya gangguan fungsional pada sel-sel pankreas dan prostat atau organ yang bersangkutan.



Sumber

Judul Buku     : Biologi Sains Dalam Kehidupan
Penyusun        : Drs. Bagod Sudjadi, M.Ed. dan Dra. Siti Laila, M.Pd.
Penerbit          : Yudhistira

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama