Arti manajemen di lihat dari berbagai deinisi yang di kemukakan oleh para pakar
mamajemen sebagai berikut:
MarryParker Follet , Manajemen adalah seni untukmelaksanakan suatu pekerjaan melalui
orang lain.
RobertKresther, Manajemen adalah proses kerja dengan melalui orang lain untuk
mencapai tujuan
GeorgeTerry, manajemen ialah kemampuan menyuruh orang lain bekerja guna mencapai
tujuan.
JamesA.F Stonner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian,
kepemimpinan dan pengendalian semua sumber daya organisasi untuk mencapai
tujuan yang di tetapkan.
SondangSiagian, manajemen adalah kemampuan atau keterampilan seseorng untuk memperoleh
sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan orang lain.
RichardM. Hodgetts Ph.D dan steven Ultman Ph.D., manajemen adalah suatu proses untuk
menyelesaikan sesuatu melalui orang lain.
EnsiklopediaEkonomi, Bisnis dan Manajemen, Manajemen adalah proses merencanakan dan
mengambil keputusan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan sumber daya
manusia, keuangan, fasilitas dan informasi, guna mencapai sasaran organisasi
dengan cara efisien dan efektif.
LPPM,
Manajemen adalah proses pemberian pemerintah, pengarahan dan pengendalian
berbagai lembaga dalam masyarakat untuk mencapai tujuan.
Donnelly,
Manajemen adalah proses koordinasi upaya kelompok terhadap tujuan kelompok.
J.L.Massie,
Manajemen adalah prose satu kelompok kooperatif menggerakan tindakan untuk
tujuan umum.
Dari
sekian banyak definisi tentang manajemen di dalamnya terkandung unsur-unsur
sebagai berikut, kemampuan mempengaruhi, adanya orang yang di bawahi, adanya
suatu proses pekerjaan, adanya tujuan yang ingin di capai, adanya kerja sama
dan terbatasnya sumber daya.
Posting Komentar