MarryParker Follet , Manajemen adalah seni untukmelaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain.

RobertKresther, Manajemen adalah proses kerja dengan melalui orang lain untuk mencapai tujuan

GeorgeTerry, manajemen ialah kemampuan menyuruh orang lain bekerja guna mencapai tujuan.

JamesA.F Stonner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang di tetapkan.

SondangSiagian, manajemen adalah kemampuan atau keterampilan seseorng untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan orang lain.


RichardM. Hodgetts Ph.D dan steven Ultman Ph.D., manajemen adalah suatu proses untuk menyelesaikan sesuatu melalui orang lain.

EnsiklopediaEkonomi, Bisnis dan Manajemen, Manajemen adalah proses merencanakan dan mengambil keputusan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan sumber daya manusia, keuangan, fasilitas dan informasi, guna mencapai sasaran organisasi dengan cara efisien dan efektif.

LPPM, Manajemen adalah proses pemberian pemerintah, pengarahan dan pengendalian berbagai lembaga dalam masyarakat untuk mencapai tujuan.

Donnelly, Manajemen adalah proses koordinasi upaya kelompok terhadap tujuan kelompok.
J.L.Massie, Manajemen adalah prose satu kelompok kooperatif menggerakan tindakan untuk tujuan umum.


Dari sekian banyak definisi tentang manajemen di dalamnya terkandung unsur-unsur sebagai berikut, kemampuan mempengaruhi, adanya orang yang di bawahi, adanya suatu proses pekerjaan, adanya tujuan yang ingin di capai, adanya kerja sama dan terbatasnya sumber daya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama