1. Pengambilan keputusan, iala proses serangkaian tindakan secara sadar dipilih dari berbagai variable yang ada, di maksud untuk mencapai hasil yang diinginkan.
  2. Pengoragisasian, proses struktur dan alokasi pekerjaan ditentukan.
  3. Staffing, proses seorang manajemen memilih, melatih, menangkat dan memberhentikan bawahannya.
  4. Planning, proses manajemen mengantisipasi masa yang akan dating dan merumuskan alternative terbaik dengan serangkaian tindakan.
  5. Control, proses mengukur pelaksanaan yang sedang berjalan dan merupakan petunjuk terhadap beberapa tujuan yang sebelumnya telah di tetapkan.
  6. Komunikasi, proses ide (gagasan) disampaikan kepada orang lain dengan maksud tercapainya hasil yang diinginkan secara efektif.
  7. Pengarahan. Proses pelaksanaan kerja nyata seorang bawahan dibimbing untuk mencapai tujuan umun.


Semua fungsi itu saling berhubungan antara satu dengan lainnya tetapi ada kemungkinan masing –masing fungsi berbeda Karena dalam praktek manajemen itu sangat kompleks yakni terjadi saling mempengaruhi dan kombinasi antar berbagai elemen.

Terry menggunakan fungsi manajemen dengan istilah: planning, organizing, actuating, dan controlling.

Fayol, mengidentifikasi fungsi manajemen kepada: perencanaan, pengorganisasian, komando dan control.

Koontz dan O’Donnell, memakai istilah planning, organizing, staffing, directing dan controlling.

Manajemen pendidikan adalah aktivitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya (DR.Made Pidarta)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama