Lagu Ondel-ondel mulai terkenal saat dinyanyikan oleh penyanyi Betawi, yaitu Benyamin S. Lagu Ondel-ondel menjadi salah satu budaya khas Betawi yanbg sangat terkenal, begitu pula Ondel-ondel juga dikenal sebagai simbol ibu Kota DKI Jakarta.

Pada hari ulang tahun Kota Jakarta, biasanya dipajang sepasang ondel-ondel sebagai hiasan di jalan-jalan, gedung perkantoran, pertokoan didaerah Kota Jakarta. Ondel-ondel yang dipajang memiliki bentuk hampir sama, namun sering pula ditemukan corak dan warna yang beraneka ragam sehingga terlihat semarak dan menarik. Bentuk ondel-ondel menyerupai manusia dengan wajah yang tersenyum ramah.

Lagu Ondel-ondel menggambarkan sebuah lambang sepasang ondel-ondel laki-laki dibuat berwarna merah, yang melambangkan semngat keberanian. Ondel-ondel perempuan berwarna putih, yang menandakan kebaikan dan kesucian. Tinggi ondel-ondel tidak sama, ada yang 2.5 meter lebar sekitar 80 sentimeter dan ada pula yang hanya 1 meter dan ada pula yang lebih kecil sebagai cendera mata. Ondel-ondel yang besar di buat dari anyaman bambu sehingga ringan saat dipikul oleh pemerannya. Bagian kepalanya menyerupai topeng yangdiberi ijuk sebagai rambutnya. pertunjukan rakyat betawi ini sebenarnya bermakna sangat baik dan menyimbolkan leluhur yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa. pengiring lagu ondel-ondel adalh musik gambang kromong. Alat musiknya terdiri atas gendang, tepak, gendang kempul, kenong, krecek, gong, dan tahyang atau terompet.



Sumber 

Aku Cinta Lingkungan Budaya Jakarta

PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama