Manfaat Belajar Ilmu Kimia



    Mungkin ada yang bertanya apa manfaat belajar ilmu kimia. manfaat yang segera kita dapat ketikamempelajari ilmu kimia adalah pemahaman yang lebih baik terhadap alam sekitar dan berbagai proses yang berlangsung didalamnya. sehingga kita dapat mengontrol perubahan ini demi keuntungan bagi kehidupan manusia dan lingkungan. kita telah membahas perbedaan air dan alkohol. jika sifat terbakar dari alkohol dipertanyakan kepada yang tidak mempelajari ilmu kimia, mungkin ia menjawabnya dengan mengakatan "sduah begitu dari asalnya". akan tetapi, orang yang sudah memperlajari ilmu kimia dapat menjelaskan sifat tersebut secara rasional.

    Manfaat yang lebih jauh dari belajar ilmu kimia adalah untuk mengubah bahan alam menjadi produk yang lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan kita, misalnya pembuatan sabun dari minyak sawit. dunia modern merupakan dunia dimana manusia menjadi terbiasa dengan kemudahan yang diperoleh dari ilmu kimia. Pikirkanlah tentang sabun,pasta gigi, tekstil, kosmetik, plastik, obat-obatan, pupuk, petisida, bahan bakar, cat, bumbu masak, dan berbagai jenis makanan olahan. semua itu adalah hasil dari penerapan ilmu kimian . Hampir semua bahan keperluan kita , sedikit banyak, baik langsung atau tidak langsung, mengalami sentuhan kimia. Bukan hanya bahan keperluan sehari-hari, ilmu kimia juga punya andil besar dalam berbagai jenis produk teknologi seperti pesawat televisi, mesin pendingin, dan pesawat terbang. Material yang digunakan untuk berbagai produk tersebut memerlukan komposisi dan sifat khusus yang ditemukan oleh para ahli kimia. Sebagai contoh, pikirkanlah industri mobil, mulai dari logam untuk rangka dan mesinnya, cat, ban, plastik serta kaca untuk kompenen lainnya. semua itu memerlukan pengetahuan kimia. Dimasa yang akan datang , dengan jumlah penduduk yang semakin bertambah sementara daya dukung alam yang terbatas, peranan ilmu kimia akan semakin penting.

    Dibalik sumbanagan ilmu kimia yang besar bagi kehidupan kita, secara jujur harus diakui bahwa banyak produk kimia yang kemudian terbukti menimbulkan masalah. Contohnya adalah DDT, Plastik, CFC, dan berbagai bahan sintetis lainnya. DDT adalh intektisida yang digunakan untuk memberantas nyamuk dan hama tanaman. DDT telah berhasil membasmi nyamuk malaria, sehingga dapat menyelamatkan nyawa jutaan umat manusia. Akan tetapi, senyawa itu ternyata Persisten (stabil, sukar sekali diuraikan mikroorganisme), sehingga limbahnya mencemari air dan tanah. DDT juga dapat masuk kedalam rantai makanan sehingga dapat membahayakan kehidupan berbagai jenis fauna,juga manusia. hal seperti itu kurang di antisipasi sebelumnya. Demikian juga halnya dengan berbagai produk kimia lainnya. Plastik dan CFC ternyata menimbulkan pencemaran lingkungan, sebab pembakaran plastik yang tidak benar akan menghasilkan senyawa dioksin yang amat beracun, sedang CFC dapat mengikis lapidan ozon bumi yang berguna untuk melindungi kita dari sinar ultra violet matahari (penyebab kanker kulit). kini, Para ahli terus melakukan penelitian untuk dipelajari secara seksama, sehingga meminimalkan masalah lingkungan.

    Manfaat lain dari belajar ilmu kimia adalah masalah pembentukan sikap. dalam mempelajari ilmu kimia atau ilmu pengetahuan pada umunya, kita senantiasa berhadapan dengan masalah dan berusaha memecahkannya secara sistematis. sering sekali malasah dalam ilmu kimia terlihat rumit dan kompleks, sehingga ada kesan bahwa ilmu kimia adalah ilmu yang sukar. sebenanya kerumitan itu akan menjadi suatu keuntungan jika disikapi dengan benar. apabila kita menjadi terbiasa menghadapi masalah, kemudia memecahkannya secara logis dan terencana, maka kebiasaan itu akan membantu kita dalam menghadapi persoalan hidup sehari-hari. Diatas segalanya itu ilmu kimia akan menunjukkan kepada anda betapa teraturnya alam ini, baik alam makro maupun mikro. Kiranya semua itu akan menambah kekaguman kita kepada sang pencipta



Sumber

Judul                : KIMIA 1A untuk SMA Kelas X

Disusun oleh    : Drs. Michael Purba, M.Si.

Penebit             : Erlangga



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama