Mau Jadi Orang Wirausaha?



Mau jadi orang kaya jadilah wirausaha. Konsisten dengan pertanyaan dan jawaban diatas, berikut ini merupakan kata kunci menhantarkan anda memiliki kinerja untuk berpeluang menjadi orang wirausaha sukses adalah sebagai berikut :

  1. Niatkan kekayaan untuk bekal ibadah, untuk kemaslahatan bukan untuk maksiat.
  2. Rancanglah mimpi anda : bermimpi dengan hal-hal yang besar, karena yang diimpikan itu adalah cita-cita, ini awal motivasi meraih keberhasilan yang besar; Tindak lanjuti cita-cita niat itu dengan ikhtiar dan berupaya nyata dengan penuh keyakinan; Buatlah rencana tindak lanjut untuk mencapai impian itu menjadi kenyataan. Jangan bermimpi yang kecil, karena andaikan berhasilpun hasilnya juga kecil
  3. Mulailah bermimpi, berniat dalam hati, berikhtiar, berdo'a dan bertawakal untuk menjadi kaya yang bertaqwa. Kuncinya keberhasilannya adalah : Aku harus berfikir besar, mulailah dengan yang kecil dan kerjakan sekarang juga. (Big Thinking, small start and act now) tidak ada kata terlambat. Tetapkan tujuan yang hendak dicapai dan segera melangkah untuk mencapainya.
  4. Tingkatkan kualitas diri: daya fikir (kognitif), daya zikir, sikap mental (afektif), daya karya dan keahlian (psikomotorik), dan daya kewaspadan (intuitif)
  5. Tanamkan jiwa wiraswasta antara lain: mampu mengendalikan diri, memiliki nilai-nilai keutamaan (suritauladan dalam bersikap dan bertindak), berjiwabesar, berani, kreatif, inovatif, produktif, memiliki kemauan dan kemampuan yang tinggi, berinisiatif, bekerja keras. memanfaatkan peluang, memberi manfaat pada yang lain, membangun jaringan usaha, percaya diri, konsisten (istiqomah)
  6. Bagaimana aku harus bisa dan mampu? Mulailah dengan apa yang bisa dikerjakan, jangan ditunda, mulailah dengan yang ada itulah titik awal meraih keberhasilan. (Tausiah M.Natsir 1960). Jangan berfikir yang tidak mungkin dikerjakan, tapi kerjakan apa yang bisa , mulailah dari yang kecil karena itu sudah cukup untuk memulai menjadi besar
  7. Jangan lupa diri setiap sikap Qorun dalam alkisah, setelah dia kaya malah menjadi takabur dan enggan beribadah.
  8. Syukuri yang telah didapat dan berbagi rizki dengan sesama.
  9. Jadikan Indikator keberhasilan wirausaha kita dengan bertambahnya nilai pembayaran zakat (bagi umat islam) yang dikeluarkan setiap tahun grafiknya terus meningkat. Demikian hanya peningkatan aktifitas sosial (amal saleh) juga harus meningkat
Apabila semuanya telah dijalankan dan ternyata masih juga gagal jadi orang kaya,  itu artinya Tuhan punya rencana lain untuk anda, kita berkewajiban melaksanakan proses ber-do'a, berikhtiar, dan berserah diri pada Yang Maha Kuasa. Manusia punya rencana Allah SWT jua-lah yang menentukan. Takdir untuk selalu menjadi pemenang adalah bersabar bila gagal, bersyukur bila berhasil. 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama